Inilah 6 perbedaan pernikahan Kahiyang-Bobby dan Gibran-Selvi, no. 3 unik banget

Inilah 6 perbedaan pernikahan Kahiyang-Bobby dan Gibran-Selvi, no. 3 unik banget

Kapanlagi Kepo - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu hari ini telah melaksanakan pernikahan dengan Bobby Nasution. Pernikahan keduanya cukup menyita banyak perhatian, terang saja karena Kahiyang adalah putri orang nomor satu di Indonesia. Tak hanya itu ada satu hal lagi yang bikin masyarakat heboh, yakni tentang asal kedua mempelai, Kahiyang berasal dari tanah Jawa sedangkan Bobby berasal dari tanah batak.

Berasal dari dua budaya yang berbeda membuat pernikahan Kahiyang dan Bobby begitu menarik bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya itu selama acara akad pun tampak banyak tamu undangan yang memakai pakaian adat nusantara, bahkan para tamu undangan seperti duta besar dan konsulat pun banyak yang mengenakan pakaian tradisional negara mereka.

Pernikahan anak kedua Presiden Jokowi ini memang berbeda dengan pernikahan sang kakak yakni Gibran Rakabuming Raka. Gibran menikah pada 11 juni 2015 lalu. Ia menikah dengan mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda.

Meskipun pernikahan mereka digelar di gedung yang sama yakni di Graha Saba Buana dan dengan penata dekorasi yang sama, namun ada perbedaan mencolok antara pernikahan Gibran dan Kahiyang. Diantaranya:

1. Kartu Undangan

Desain kartu undangan Gibran dan Kahiyang sebenarnya tak jauh beda, bahkan hampir mirip. Hanya saja yang membedakan adalah warna sampul dan bahannya. Dan kartu undangan pernikahan Kahiyang pun lebih terkesan mewah karena sampulnya beludru dengan warna keemasan. Dan perbedaan lain terdapat pada jumlah halamannya, pada undangan Gibran-Selvi berisi 4 halaman sedangan undangan sang adik hanya berisi satu halaman saja.

Kartu undangan pernikahan Gibran dan Selvi
-/-

Kartu undangan pernikahan Kahiyang dan Bobby
instagram.com/ruben_onsu/-

2. Jumlah Undangan

Pada saat pernikahan Gibran dan Selvi yang diundang hanya sekitar 3000-4000 tamu saja. Sedangkan pada pernikahan sang adik jumlah undangannya mencapai 8000 orang, termasuk beberapa pejabat negara, artis dan teman-teman mempelai.

Pernikahan Gibran dan Selvi
-/-

Pernikahan Kahiyang dan Bobby
-/-

3. Saksi Akad

Saksi akad nikah Kahiyang dan Bobby cukup membuat masyarakat heboh, karena wakil presiden Jusuf Kalla lah yang menjadi saksi dari pihak Kahiyang Ayu, sedangkan dari pihak Bobby yang menjadi saksi adalah Menteri Perekonomian Darmin Nasution. Sementara itu saksi akad nikah Gibran dulu adalah ketua RT. Unik namun tetap berkesan dan yang pasti akad nikah keduanya tetap berjalan khidmat dan penuh kebahagian.

Akad nikah Gibran dan Selvi
-/-

Akad Nikah Kahiyang dan Bobby
twitter.com/jokowi/-

4. Penjemputan Tamu

Pada saat pernikahan Gibran dan Selvi penjemputan tamu menggunakan sekitar 250 tukang becak. Sementara untuk pernikahan Kahiyang dan Bobby menggunakan bus serta 50 besak.

Becak untuk tamu pernikahan Gibran dan Selvi
-/-

Becak untuk tamu pernikahan Kahiyang dan Bobby
-/-

5. Pre-wedding

Konsep pre-wedding Gibran dan Selvi terkesan lebih sedehana dibandingkan dengan konsep sang adik. Dari foto-foto pre-wedding Kahiyang dan Bobby yang diunggah di media sosial terlihat bahwa konsep keduanya terkesan Indonesia sekali.

Foto Pre-wedding Gibran dan Selvi
-/-

Foto Pre-wedding Kahiyang dan Bobby
-/-

6. Digelar di dua tempat

Resepsi dan prosesi pernikah Gibran dan Selvi diadakan di Solo, karena mereka sama-sama berasal dari satu daerah. Sedangkan untuk Kahiyang dan Bobby, tak hanya digelar di Solo kabarnya juga akan dilangsungkan di tanah asal Bobby yakni di Medan.


Ehm, meskipun memiliki perbedaan namun keduanya nampak sangat bahagia dengan pernikahan masing-masing ya. Semoga pernikahan Gibran-Selvi dan Kahiyang-Bobby menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah dan langgeng sampai akhir hayat yang memisahkan, amin.

 

 

Artikel ini merupakan tulisan pembaca KapanLagi.com. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika Anda keberatan dengan tulisan yang dimuat di KapanLagi Kepo atau memiliki kabar dan tulisan untuk dimuat di KapanLagi Kepo, silakan menghubungi Redaksi KapanLagi.com melalui kepo[@]kapanlagi[dot]net atau membaca Syarat dan Ketentuan.