4 Hewan Kesayangan Presiden Jokowi, Nomor 2 Tak Diduga

4 Hewan Kesayangan Presiden Jokowi, Nomor 2 Tak Diduga

Kapanlagi Kepo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya cara sendiri untuk menghibur dirinya dari jenuhnya mengurusi negara. Satu di antaranya adalah memelihara hewan-hewan kesayangannya. 

Berikut potret presiden Jokowi dan hewan kesayangannya:

1. Kodok

Sudah jadi rahasia umum kalau Jokowi suka memelihara Kodok. Bahkan anak bungsunya Kaesang Pangarep dalam acara Mata Najwa bertajuk "Cerita Anak Jokowi' pada Rabu (24/2/2016) silam, membeberkan kegemarannya itu.

"Satu kolam buat kecebong saja. Bapak (Jokowi) suka sekali kecebong," kata putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

Memelihara kecebong yang nantinya menjadi kodok tersebut diakui Jokowi sudah dari lama. Setiap turun hujan, Jokowi tinggal duduk dan menikmati suara kodok yang dianggapnya menenangkan.

"Supaya kalau malam ada suara kodok, kung-kong, kwang-kwong, kwang-kwong. Kan enak, jadi fresh otaknya," kata Jokowi Rabu (22/10/2014) lalu.

2. Kambing

Dunia maya sempat dihebohkan dengan vlog soal kelahiran anak kambing di Istana Bogor, Senin (13/3/2017) lalu. Dalam video tersebut Jokowi merasa senang karena kambingnya telah lahir lagi dua.

"Pagi ini saya merasa gembira sekali. Alhamdulillah, tadi pagi telah lahir lagi dua anak kambing yang saya pelihara," kata Jokowi membuka vlog-nya.

"Nih coba, lucu-lucu ini," tambah Jokowi sambil menunjukkan dua anak kambing yang baru lahir beserta induknya.

Jokowi lalu mengarahkan kamera ke anak kambing lainnya yang berukuran cukup besar.

"Dan yang ini lahirnya dua Minggu lalu," ucap Jokowi.

Kamera lalu menyorot Jokowi bersama seluruh kambingnya.

Kali ini, ada orang lain yang memegang kamera. Jokowi yang mengenakan kaus berkerah dan jaket bomber berjongkok dan dikelilingi oleh kambing-kambingnya.

"Jadi dua bulan yang lalu lahir satu ekor. Seminggu lalu lahir dua ekor. Dan pagi ini lahir dua ekor. Jadi anaknya ada lima. Induknya ada lima. Jadi sekarang saya punya kambing totalnya sepuluh," ucap Jokowi.

3. Kucing

Di rumah dinas Jokowi juga ada beberapa kucing yang jumlahnya enam ekor yang dipelihara di dalam kandang.

Namun ia mengaku itu bukan kucingnya, melainkan kucing anaknya.

"Itu kucing anak saya. Sepertinya nurun dari saya. Dulu saya pernah pelihara kucing juga," kata Jokowi.

Sedangkan Istri dan anak-anakya, lebih menyukai kucing sebagai hewan peliharaan.

Sewaktu menjadi Wali Kota Surakarta, mereka memiliki 30 ekor kucing peliharaan.

4. Burung

Keberadaan burung-burung di sekitar Istana Merdeka ini memang bukan peliharaan Jokowi, melainkan burung liar.

"Bagi Presiden, yang paling penting itu mendengar suaranya," ungkap Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, dikutip dari Kompas.com, Minggu (9/4/2017).

Ceritanya, bahkan Jokowi tidak pernah menutup jendela dan pintu Istana Merdeka setiap sedang bekerja.

Tujuannya agar kicauan burung yang bebas terbang terdengar olehnya, menemani Jokowi yang tengah membahas persoalan bangsa dan negara.

Diketahui dari Kepala Bagian Peralatan dan Penataan Lingkungan Biro Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Katino, ada tiga jenis burung yang biasa di sekitaran istana.

"Ada tiga spesies burung yang paling banyak tinggal di pohon-pohon lingkungan Istana, yakni tekukur (Spilopelia chinensis), burung betet (Psittacula alexandri) dan burung kutilang (Pycnonotus aurigaster)," sebut Katino.

Menurutnya keberadaan mereka karena adanya pohon-pohon besar di istana.

"Di Istana ini, memang banyak pohon-pohon besar untuk berlindung mereka," ujar Katino.

 

 

 

Sumber.

 

Artikel ini merupakan tulisan pembaca KapanLagi.com. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika Anda keberatan dengan tulisan yang dimuat di KapanLagi Kepo atau memiliki kabar dan tulisan untuk dimuat di KapanLagi Kepo, silakan menghubungi Redaksi KapanLagi.com melalui kepo[@]kapanlagi[dot]net atau membaca Syarat dan Ketentuan.